Memilih Cloud Provider

Sebagai manusia yang hidup di era digital, memang tidak bisa lepas dari berbagai kemajuan teknologi di bidang ini. Semakin banyaknya layanan digital yang mempermudah dan mempercepat kinerja orang membuat kita juga dituntut untuk ikut memantau kemajuan teknologi. Seperti halnya menyimpan file. Jika jaman dahulu menyimpan file identik dengan tumpukan kertas yang banyak dan juga map-map tebal. Sekarang ini sudah mulai banyak ditinggalkan. Selain memang kurang efisien, menyimpan file secara konvesional seperti ini memiliki banyak resiko. File dapat mudah hilang jika kertas file tersebut hilang. Apalagi kertas mudah sekali lapuk jika disimpan terlalu lama.

Semakin berkembangnya teknologi, menyimpan file dapat berupa data digital yang disimpan di dalam hard disk maupun flash disk. Di jamannya flash disk memang menjadi barang yang cukup mahal. Flash disk dengan kapasitas satu gigabyte dibrandrol harga seratus ribu rupiah. Bandingkan dengan harga flash disk belakangan ini. Dengan uang seratus ribu rupiah kamu bisa mendapatkan flash disk dengan kapasitar bergiga-giga. Hal ini karena flash disk sudah menjadi barang yang lumrah dimiliki setiap orang. Karena kebutuhan menyimpan file dalam bentuk digital semakin meningkat.

Selain menyimpan data pada hard disk atau flash disk, ada juga alternatif lain yang dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan data secara digital. Yaitu dengan menggunakan cloud storage. Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah cloud storage, ini adalah media penyimpanan berbasis internet yang dapat kamu akses jika terhubung dengan internet. Jadi saat menggunakan, entah itu saat upload atau downloa data dari cloud storage, kamu harus memiliki koneksi internet.

Banyak sekali cloud provider yang menawarkan cloud storage gratis dengan kapasitas besar. Tentu ini dapat dimanfaatkan oleh para pelajar yang belum memiliki budget besar untuk menyewa cloud storage berbayar. Tapi jika untuk skala korporasi, tentu saja bukan hal yang bijak menggunakan cloud storage gratis.

Pada skala korporasi data menjadi hal yang penting, sehingga dalam menentukan cloud storage harus dicermati terlebih dahulu. Salah satunya adalah memperhatikan data center yang digunakan oleh cloud provider tersebut. Data center yang digunakan oleh cloud provider akan sangat berpengaruh pada performa cloud storage yang disediakan. Apalagi data center juga memiliki potensi terjadi gangguan, sehingga cloud provider harus bisa menjamin keamanan data center yang digunakan.